Image of Premanisme politik

Book

Premanisme politik



Buku ini mengulas sepak terjang kelompok-kelompok milisi atau laskar yang dibangun atas dasar kepentingan politik dan ekonomi kelompok atau golongan tertentu yang kadang-kala mengatasnamakan "kepentingan bangsa dan negara". Di Timor Timur, kelompok-kelompok milisi memainkan peran yang baik untuk mereproduksi apa yang dikenal sebagai suatu bentuk-bentuk terorisme negara dengan dalih nasinalismenya. Di Jakarta, Ambon, Aceh, dan Mataram, kelompok-kelompok laskar yang mengusung simbol-simbol agama, memainkan peran yang baik untuk mereproduksi apa yang dikenal sebagai suatu bentuk-bentuk anarkisme golongan.

Dalam konteks perpolitikan di Indonesia, dua unsur ini, nasionalisme sempit dan fanatisme agama tampaknya merupakan dua konsep penting untuk bangkitnya kembali kediktatoran "baru", militerisme, bahkan bahaya fasisme yang dikamulfase dalam suatu gerakan populis dengan pengorganisasian secara militer.

Pendek kata, dalam sejarah politik Indonesia kontemporer, milisi atau laskar selalu dikonotasikan secara negatif dengan tindakan-tindakannya yang cenderung anti-kemanusiaan.


Ketersediaan

765-2001320.9 PREElsam Library (Political Situation)Tersedia

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
320.9 Pre
Penerbit ISAI : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xiii, 163 hal.; ill.; 21 cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9798933257
Klasifikasi
320.9
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
cet.1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this