Image of Menulis Politik: Indonesia Sebagai Utopia

Book

Menulis Politik: Indonesia Sebagai Utopia



....Jika Vergilius mengtakan betapa dewa-dewa telah dikalahkan dan karena dapat terkalahkan, mereka justru memerlukan bantuan manusia untuk menyelamatkan diri, maka terlalu gila untuk menganggap bijaksana mempercayakan Roma kepada perlindungan dewa-dewa tersebut bahwa Roma tak akan binasa kalau saja kota ini tak kehilangan dewa-dewanya.....

....perbedaan pokok antara ideologi dan utopia ialah bahwa sekalipun keduanya sama-sama mengandung pandangan yang penuh distorsi tentang keadaan konkret yang sedang dihadapi, namun ideologi cenderung mempertahankan dan memperkuat status quo, sedangkan utopia akan mengguncang struktur sosial yang ada. Berdasarkan perspektif waktu, dan tempat suatu ideal dalam waktu, Mannheim membedakan empat macam utopia, yaitu :
- Pertama, Chiliasme adalah pandangan utopian yang menolak proses sejarah. Ruang dan waktu dinaifkan dalam pendangan ini.
- Kedua, konservatisme sebagai utopia yang menempatkan segala ideal di masa lampau. Kaum konservatif pada dasarnya tidak terdorong untuk memikirkan gagasan.
- Ketiga, utopia yang mengambil bentuk liberalisme atau liberalisme humanitarian, yang muncul dari rasa tak puas dan bahkan dari konflik dengan tertib masyarakat yang ada.
- Keempat, utopia sosialis, yang mempunyai kesamaan yang mencolok dengan utopia liberal dalam hal perspektif waktu.


Ketersediaan

2324-2009320.9 IGN mElsam Library (Political Situation)Tersedia

Detail Information

Judul Seri
Rasionalitas Politik Indonesia
No. Panggil
320.9 IGN m
Penerbit PT Kompas Media Indonesia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xli + 283 hlm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9799251931
Klasifikasi
320.9
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
Ke-1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this