Image of Disintegrasi pasca orde baru: Negara, Konflik lokal dan Dinamika Internasional

Book

Disintegrasi pasca orde baru: Negara, Konflik lokal dan Dinamika Internasional



Runtuhnya rezim Orde Baru segera diikuti dengan munculnya konflik kekerasan di berbagai wilayah Indonesia, baik dalam dimensi vertikal maupun horizontal yang seakan menemukan meomentumnya pada saat bangunan kebangsaan sedang goyah. Stabilitas nasional yang menjadi jargon selama lebih dari 30 tahun justru menemukan antitetisnya ketika kemarahan dan kebencian berakumulasi menjadi amuk massa. Penyebab timbulnya konflik sangat kompleks dan kadang telah memiliki akar sejarah yang panjang. Dimensi politik, ekonomi, sosial, dan budaya yang saling tumpang tindah menyebabkan upaya resolusi konflik juga tidak mudah.

Konflik horisontal dan vertikal pasca Orde Baru menjadi catatan sejarah hitam negeri ini. Ribuan nyawa anak negeri terenggut dan detruksi massa yang ditimbulkan oleh konflik-konflik tersebut telah memberi pelajaran berharga bahwa negeri yang selalu membanggakan kemajemukan ini ternyata masih teramat rapuh. Integrasi lebih merupakan sebuah jargon politik ketimbang kenyataan.

Buku ini menyajikan potret konflik Indonesia pasca Orde Baru dengan memfokuskan pada konflik di Papua, Aceh, Timor-Timur, dan Maluku. Identifikasi dan analisis akar masalah dan upaya penyelesaian kenflik menjadi fokus utama. Selain itu juga dibahas dimensi internasonal beberapa konflik yang memang menunjukkan adanya keterkaitan dengan aktor-aktor eksternal. Kombinasi antara tinjauan dimensi domestik dan internasional dalam buku ini setidaknya dapat memberikan pemahaman fenomena konflik di Indonesia secara lebih komprehensif dan mendalam.


Ketersediaan

2117-2007320.9 DISElsam Library (Political Situation)Tersedia

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
320.9 DIS
Penerbit Yayasan Obor Indonesia : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xii, 292 hal.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9794616249
Klasifikasi
320.9
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this