No image available for this title

Digital_Files

“Pers dan Media Online: Tantangan Baru Dalam Pelaksanaan Kebebasan Pers”



Pengaruh internet (singkatan dari interconnected-networking) sangat besar bagi dunia komunikasi saat ini. Bisa dikatakan internet telah mengubah semua aspek kehidupan manusia. Perubahan ini berdampak pada bentuk komunikasi dan penyampaian informasi antara seorang dengan lainnya. Berkat internet dan kemajuan teknologi penunjangnya, penyebaran informasi meluas dan menjadi lebih mudah dan cepat.
Manusia mengalami evolusi dalam hal kebiasaan mendapatkan berita yang telah berjalan hampir satu abad dimana telah terjadi beberapa inovasi teknologi. Dari media cetak ke radio, kemudian dari radio ke televisi, dan selanjutnya ke internet. Meski pada saat setiap sistem berita yang baru bermunculan, sistem yang lama pada kenyataannya tetap dipergunakan. Hal ini berarti pada saat ini terdapat banyak berita yang tersedia dari berbagai sumber dan dikirim dengan berbagai jenis teknologi.
Kemampuan komunikasi manusia lewat internet kini bisa dikatakan tak memiliki batas di mana jarak dan waktu bukan lagi merupakan sebuah halangan. Sebelum ada internet, manusia memiliki keterbatasan dalam melakukan komunikasi. Perkembangan internet memberikan banyak manfaat antara lain memberikan info yang dibutuhkan secara cepat dan murah, penyediaan referensi alternatif, kemudahan bertransaksi dan berbisnis, sebagai sarana komunikasi yang efektif, alat untuk berhubungan dengan individu di daerah atau negara lain dengan cepat, menyalurkan aspirasi dan ekspresi antar individu yang menjadikan mereka akrab satu sama lain, dan memudahkan setiap orang mengakses hasil kebudayaan yang muncul di berbagai daerah atau negara. Juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kehidupan sospol yang menyangkut seluruh daerah atau negara.
Namun demikian kemajuan teknologi internet juga membawa sejumlah dampak negatif antara lain banyaknya situs hiburan seperti situs musik atau film yang membuat orang terlena dan lupa waktu atau kecanduan, muncul kejahatan baru (cyber crime), melemahnya copyright, tampilnya kekejaman dan kesadisan, kian merajalelanya pornografi, muncul banyak penipuan dengan modus baru, dan meluasnya perjudian berbentuk online. Selain itu, internet dipercaya telah mengurangi sifat sosial manusia.


Ketersediaan

No copy data


Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit ELSAM : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this