Image of ASASI: Januri - Februari 2013 KONDISI HAM MEMASUKI TAHUN POLITIK

Book

ASASI: Januri - Februari 2013 KONDISI HAM MEMASUKI TAHUN POLITIK



Dalam kericuhan tahun politik ini, tidak menutup kemungkinan isu hak asasi manusia (HAM) tiba-tiba sangat diperhatikan oleh kekuatan politik yang berlaga dan menjadi salah satu jargon yang gencar disuarakan. Atau sebaliknya, bisa pula terpinggirkan bila tidakmemberi keuntungan signifikan bagi perolehan suara, apalagi bila malah merugikan. Pemajuan HAM merupakan agenda yang wajib diusung serta menjadi tanggung jawab negara,siapa punyang memegangkuasa.

ASASI Kondisi HAM memasuki tahun Politik ini membahas. Konflik Agraria dan Negara Kaum Pemodal. Konflik lahan merupakan masalah yang pelik. Untuk sebagian, persoalan ini disebabkan oleh regulasi-regulasi di bidang agraria yang membuka ruang bagi terjadinya konflik dan kekerasan agraria, banyak kekerasan agraria yang terjadi antara warga/petani dengan pasukan keamanan swasta atau pamswakarsa dari perusahaan.

Konflik Agraria dan Negara Kaum Pemodal. Sedikitnya 69 RUU telah ditetapkan oleh DPR sebagai prioritas legislasi yang akan dibahas selama tahun 2012. Namun dalam praktiknya, seperti tahun-tahun sebelumnya, secara kuantitas, capaian legislasi DPR, jauh dari yang direncanakan dalam Prolegnas. DPR hanya mampu menyelesaikan pembahasan 30 RUU dari 69 RUU yang direncanakan. Kurang dari separo.

Mengurai Kusutnya Agenda Penuntasan Kasus Pelanggaran HAM Berat. Yang terpenting dari agenda penuntasan kasus pelanggaran HAM berat adalah mencegah terjadinya kasus-kasus pelanggaran HAM berat masa lalu di kemudian hari, sehingga tidak ada korban-korban pelanggaran HAM baru di masyarakat, karena adanya efek jera dari para pelaku dan institusi yang melakukan pelanggaran HAM.

Kelemahan Penegakan Hukum Lestarikan Penyiksaan. Selama 2012, kejahatan penyiksaan, hukuman yang kejam tidak manusiawi dan merendahkan martabat (selanjutnya disebut penyiksaan) kerap terjadi, dan institusi Kepolisian merupakan pihak yang paling banyak melakukan penyiksaan. Polisi biasanya melakukan tindakan, baik saat interogasi dan penangkapan, termasuk, saat memaksa tangkapannya untuk mengakui suatu tindak pidana yang tidak dilakukan.

Melihat Komnas HAM Periode Lalu, Berharap Kinerja ke Depan. Jika melihat pada periode yang lalu, terdapat pekerjaan rumah Komnas HAM yang belum selesai. Misalnya, kasus penyelesaian pelanggaran HAM masa lalu, eskalasi kekerasan yang masih terus terjadi dalam berbagai bidang (misal sengketa lahan, penyiksaan, dan kekerasan berbasiskan agama), persoalan konflik di Papua, serta relasi institusional Komnas HAM dengan lembaga negara lainnya, serta persiapan ratifikasi beberapa instrumen HAM.


Ketersediaan

AS4502-2016Elsam LibraryTersedia

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit ELSAM : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
Januari-Februari
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this