No image available for this title

Book

Gerakan Pelajar Islam : Di Bawah Bayang-Bayang Negara (Studi Kasus Pelajar Islam Indonesia Tahun 1980 - 1997)



Bertolak dari kasus penolakan Pelajar Islam Indonesia (PII) terhadap Undang-undang Nomor 8 Tahun 1985 tentang Keormasan, penulis buku ini melukiskan gejolak kamu pelajar Islam atas tekanan rezim Orde Baru. Istimewanya, kasus tersebut dikaji dari sudut “orang dalam” sehingga peta dinamika hubungan dalam Islam dan negara Orde Baru terekam kuat dari kacamata politik gerakan pelajar Islam. Meskipun begitu, penulisnya dapat mengetengahkan kupasan obyektif dari sudut “orang luar”.
PII ialah organisasi pelajar independen ekstra-sekolah; berdiri di Yogyakarta pada 4 Mei 1947 hingga sekarang dan memiliki cabang/ranting hampir di seluruh provinsi di Indonesia. Jutaan kadernya yang tersebar di lembaga pendidikan (akademis), militer/kepolisian, eksekutif, legislatif, Lembaga Swadaya Masyaraka, gerakan oposisi/hak asasi manusia, dan lain-lain merupakan warna tersendiri pada buku ini.
Penulisnya telah menyumbangkan wacana berharga bagi pengetahuan sejarah politik dan demokrasi, khususnya sejarah politik dan demokrasi, khususnya sejarah politik pergerakan pelajar Islam dan negara. Kaum pelajar dan siapapun yang berpikiran maju sangat patut membaca buku ini!
Buku ini juga penting dibaca aktivis pergerakan seperti mahasiswa, LSM, atau lembaga-lembaga independen yang Concern akan gerakan demokrasi dan HAM.


Ketersediaan

34892X0 DJA gElsam LibraryTersedia

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
2X0 DJA g
Penerbit UII Press : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xvi+288p. + xi; 15 x 21 x 0,9cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
979-3333-80-7
Klasifikasi
2X0
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
Cet 1
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this