Image of Islam dan hak asasi manusia: konsep dan implementasi

Book

Islam dan hak asasi manusia: konsep dan implementasi



Kumpulan tulisan dalam buku ini melingkupi semua persoalan penegakan HAM, mulai dari hak beragama, hak perempuan, hal ibu dan anak, hak orang-orang rentan seperti pengidap HIV/AIDS, hak buruh, hak penyandang cacat, hak sipil dan sebagainya.

Salah satu tujuan buku ini adalah meluruskan kesalahpahaman sebagian masyarakat bahwa nilai-nilai HAM adalah produk Barat yang di dalamnya ada kontradiksi dengan nilai budaya Indonesia. Akibatnya, timbul resistensi, khususnya dari kelompok agama terhadap konsep HAM. Agama, khususnya Islam justru mengajak umatnya untuk memperlakukan manusia sebagai saudara, tidak boleh ada diskriminasi, eksploitasi, dan kekerasan terhadap sesama untuk alasan apapun. Bahkan, dalam kondisi perang sekali pun nilai-nilai kemanusiaan tetap harus diamalkan.
Memang betul, bahwa seluruh instrumen HAM internasional dalam bentuk kovenan dan konvensi maupun lainnya dirumuskan di PBB. Namun, jangan lupa perumusannya dilakukan dengan mengikutsertakan secara aktif para wakil dari berbagai negara dan bangsa, serta dengan tetap memperhatikan nilai-nilai kemanusiaan universal yang berlaku di seluruh dunia. Karena itu, sangat jelas bahwa HAM bukanlah milik monopoli suatu bangsa atau suatu negara, melainkan milik semua bangsa dan milik senua negara.


Ketersediaan

3050-2010297.272 MUS iElsam Library (Islam and politics)Tersedia
4044-2015-C2297.272 MUS iElsam LibraryTersedia

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
297.272 MUS i
Penerbit Naufan Pustaka : [s.l.].,
Deskripsi Fisik
xvii, 360p
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786029650839
Klasifikasi
297.272
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this