Image of Undang-undang Perkebunan: Wajah Baru Agrarische Wet Dasar dan Alasan Pembatalan Pasal-pasal Kriminalisasi oleh Mahkamah Konstitusi

Book

Undang-undang Perkebunan: Wajah Baru Agrarische Wet Dasar dan Alasan Pembatalan Pasal-pasal Kriminalisasi oleh Mahkamah Konstitusi



Bagi Pemerintah Indonesia, Undang-Undang Perkebunan aalah sangat strategis dan penting peranannya dalam pembangunan nasional, karena diharapkan dapat meningkatkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat, penerimaan devisa negara, penyediaan lapangan kerja, perolehan nilai tambah dan daya saing, pemenuhan kebutuhan konsumsi dalam negeri, bahan baku industry dalam negeri optimalisasi pengelolaan sumber daya alam secara berkelanjutan, serta perekat dan pemersatu bangsa. Pengembangan perkebunan dilaksanakan mulai pemanfaatan sumber daya alam secara optimal dengan menerapkan kultur teknis, modal, informasi, teknologi, dan manajemen perkebunan.
Langkah yang ditempuh Mahkamah Konstitusi ini merupakan suatu langkah re-intepretasi atas teks undang-undang yang diuji, mengingat apabila dirunut proses perumusan teksnya, pasal-pasal yang diintepretasikan ulang tersebut dirumuskan bahkan hamper tanpa diskusi dan perdebatan. Hal ini terlihat secara jelas apabila merujuk pada rekamanproses pembahasan UU perkebunan no 18/2004.
Upaya membaca ulang yang dilakukan oleh Mahkamah Konstitusi sebagaimana diuraikan dalam bagian lain dari buku ini berhasil menyelamatkan petani dan masyarakat local yang secara tidak proposional telah terlanggar Hak Asasinya karena penerapan pasal-pasal sanksi pidana yang terdapat dalam UU tersebut.


Ketersediaan

3358338.1 MUT uElsam Library (Agriculture)Tersedia
5623338.1 MUT uElsam LibraryTersedia

Detail Information

Judul Seri
-
No. Panggil
338.1 MUT u
Penerbit ELSAM, Sawit Watch, PILNET : Jakarta.,
Deskripsi Fisik
xx, 298 hal.; 21cm.
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
978-979-8981-42-5
Klasifikasi
338.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Other version/related

No other version available


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this